Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Saat Hamil Muda Dan Cara Mengobatinya

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Saat Hamil Muda Dan Cara Mengobatinya - Hallo sahabat TRIK KESEHATAN BIAYA MURAH, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Saat Hamil Muda Dan Cara Mengobatinya, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel GIGI, Artikel KANKER, Artikel NEWS, Artikel PENYAKIT DALAM, Artikel PENYAKIT KULIT, Artikel SYARAF, Artikel THT, Artikel TUMOR, Artikel UMUM, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Saat Hamil Muda Dan Cara Mengobatinya
link : Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Saat Hamil Muda Dan Cara Mengobatinya

Baca juga


Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Saat Hamil Muda Dan Cara Mengobatinya

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri Cara Mengobatinya - banyak masyarakat yang mengeluh dirinya sedang merasakan sakit pada pinggang sebelah kirinya. Sebagian dari mereka juga bertanya-tanya sebenarnya apa penyebab sakit pinggang sebelah kiri yang mereka alami. Sakit pinggang bisa terjadi pada siapa saja. Keluhan serta penyebabnya pun bermacam-macam. Ada yang mengeluhkan sakit pinggang pada bagian kiri dan menjalar sampai pada paha dan kaki yang disertai dengan panas dan kesemutan. Ada pula yang mengeluhkan sakit pinggang dengan disertai sakit perut atau sakit saat buang air kecil, atau sakit pinggang dengan disertai dengan deman. Gejala-gejala tersebut dapat menunjukkn letak kelainan yang menjadi penyebab terjadinya sakit pinggang.

Tanya Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Saat Hamil Muda Dan Cara Mengobatinya?

Sakit pinggang sebelah kiri biasanya tidak hanya terasa pada bagian sendi, namun juga menyebar sampai pada bagian bokong, pangkal paha, serta paha bagian belakang. Bagian tersebut akan semakin terasa sakit apabila digerakkan. Seseorang yang mengalami sakit pinggang sebelah kiri akan mengalami kesulitan apabila hendak membungkuk ataupun bersandar. Otot-otot yang terdapat pada sekitar tulang belakang akan mengalami kejang sehingga menimbulkan rasa kaku yang terjadi pada pinggang. Rasa sakit pada pinggang yang disertai dengan kejang dapat menimbulkan pinggang tidak seimbang yang menyebabkan postur tubuh seseorang akan berubah atau tidak seimbang.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Saat Hamil Muda Dan Cara Mengobatinya

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri atas maupun bawah bisa disebabkan oleh berbagai macam faktor. Terdapat banyak kemungkinan seseorang mengalami sakit pinggang sebelah kiri, karena pada pinggang sebelah kiri tersebut terdapat beberapa jaringan serta organ yang dapat menyebabkan rasa sakit apabila jaringan atau organ tersebut mengalami cedera, infeksi atau peradangan. Keadaan ini dapat terjadi pada siapa saja umumnya terjadi pada orang dewasa. Adapun beberapa penyebab sakit pinggang sebelah kiri adalah sebagai berikut:
  1. Strain
    Strain merupakan keadaan otot tegang, kesleo, atau cedera yang terjadi pada alat gerak yang berada pada pinggang sebelah kiri. Terjadi akibat seseorang melakukan gerakan yang salah, mengangkat benda berat, atau terjatuh. Rasa sakit pada pinggang sebelah kiri akan muncul apabila terjadi kesleo, otot tegang, ataupun cedera yang dialami sekelompok otot atau ligament yang terdapat pada sepanjang tulang belakang. Otot-otot ini berfungsi untuk memberikan dukungan serta gerakan pada pinggang. Strain yang terjadi pada pinggang sebelah kiri ini mempunyai gejala seperti rasa nyeri yang semakin menjadi apabila pinggang digerakkan, tertawa, batuk, dan bersin.
  2. Infeksi ginjal
    Salah satu penyebab sakit pinggang sebelah kiri pada pria yang dirasakan seseorang adalah adanya infeksi pada ginjal sebelah kiri. Infeksi ini berawal dari kandung kemih yang kemudian naik hingga sampai ke ginjal, sehingga ginjal mengalami peradangan yang dapat menimbulkan rasa sakit pada pinggang bagian kiri. Hal ini akan berbeda apabila peradangan menyerang ginjal bagian kanan maka seseorang akan mengalami sakit pinggang sebelah kanan. Infeksi ginjal ini disertai dengan demam, mual, rasa sakit pada bagian panggul sepanjang tulang belakang serta bagian atas panggul. Apabila pinggang digerakkan atau mengalami tekanan, rasa sakit akan semakin parah.
  3. Batu ginjal
    penyebab sakit pinggang dan kencing darah bisa karena Adanya batu ginjal dapat menimbulkan rasa sakit yang luar biasa hebat pada pinggang sebelah kiri. Rasa sakit tersebut mampu menjalar hingga ke bagian bawah hingga turun ke pangkal paha. Biasanya terdapat sensasi ingin kencing dan keluar darah pada urin sebagai akibat dari batu yang bergerak pada saluran kemih. Apabila penderita beruntung, batu bias saja keluar bersamaan dengan urin. Batu ginjal yang belum besar dapat diobati sendiri dengan memperbanyak minum air putih. Namun apabila batu sudah membesar, maka perlu adanya tindakan medis.
  4. Herniated Disk dan Skiatika
    Salah satu penyebab sakit pinggang sebelah kiri bawah adalah terjadinya herniated disk, yaitu disk atau diskus yang berfungsi memberikan bantalan antara tulang-tulang belakang menjadi aus, menyusut, bahkan pecah dan menonjol. Diskus yang dipaksa keluar dari posisi normal atau menonjol tersebut menyebabkan penekanan yang terjadi pada saraf pinggang sebelah kiri, sehingga menimbulkan rasa sakit. Apabila diskus pada punggung bawah menekan saraf sciatik, maka terjadilah skiatika atau biasa disebut dengan saraf terjepit. Rasa sakit akan terasa pada bagian bawah pantat, pinggul, yang kemudian menjalar sampai paha dan bahkan kaki. Kadang-kadang penderita akan mengalami mati rasa serta kesemutan yang sangat menyiksa.
  5. Kista ovarium
    Penyebab sakit pinggang sebelah kiri pada wanita selanjutnya yakni kista ovarium. Kista ovarium yaitu kista yang terbentuk pada ovarium wanita. Kista ini mampu menyebabkan rasa sakit yang terjadi pada perut bagian bawah sebelah kiri apabila menyerang ovarium sebelah kiri, yang kemudian menjalar hingga ke bagian pinggang sebelah kiri. Hal ini akan berbeda jika kista menyerang ovarium sebelah kanan dan akan menimbulkan rasa sakit pada pinggang bagian kanan. Selain adanya kista ovarium, sakit pinggang sebelah kiri yang terjadi pada wanita juga dapat disebabkan karena adanya endometrisis, pertumbuhan fibroid pada rahim, serta terjadinya kehamilan.

Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Dan Cara Mengobatinya Pada Bumil


Seperti yang telah disebutkan diatas, banyak faktor yang dapat menyebabkan seorang perempuan mengalami sakit pinggang sebelah kiri. Salah satunya yaitu perempuan yang sedang mengalami kehamilan. Apabila Anda seorang perempuan yang sedang hamil muda dan mengalami sakit pada pinggang sebelah kiri, Anda perlu mencari tahu penyebab sakit tersebut sehingga dapat menentukan langkah penanganan yang tepat. Terdapat beberapa faktor yang dapat menyebabkan sakit pinggang sebelah kiri pada saat hamil muda. Salah satu faktor yang dapat meningkatkan resiko seorang perempuan menderita sakit pinggang saat hamil yaitu faktor kelebihan berat badan dan mempunyai riwayat sakit pinggang pada hamil sebelumnya.

Penyebab sakit pinggang sebelah kiri saat hamil muda

Adapun penyebab sakit pinggang sebelah kiri pada wanita hamil yang terjadi pada perempuan saat hamil muda antara lain:
  1. Adanya peningkatan hormon
    Pada masa kehamilan, hormon yang dilepaskan memungkinkan ligamen pada daerah panggul mengalami pelunakan sehingga sendi menjadi lebih longgar. Hal ini terjadi sebagai persiapan untuk proses persalinan. Adanya pergeseran sendi serta ligament yang mengendur, mampu memengaruhi beban kerja tulang belakang. Jika hal ini tidak mempu ditoleransi dengan baik, maka seorang perempuan akan mengalami sakit pinggang pada saat kehamilan.
  2. Pusat gravitasi
    Seiring dengan semakin membesarnya rahim serta pertumbuhan janin, pusat gravitasi akan bergerak maju secara bertahap. Sehingga menyebabkan postur tubuh seorang perempuan berubah. Berat badan akan bertambah sehingga dapat menambah beban yang ada pada otot-otot pinggang dan tulang belakang. Oleh karena itu, pada batas-batas tertentu seorang perempuan akan merasakan sakit pada pinggang disaat hamil.
  3. Posisi tubuh
    Posisi tubuh yang buruk seperti berdiri secara berlebihan atau membungkuk, mampu meningkatkan rasa sakit yang terjadi pada pinggang. Sehingga Anda perlu mengatur posisi tubuh Anda, seperti misalnya berdiri tidak terlalu lama, mengatur posisi duduk yang benar dan nyaman, serta tidak membungkuk secara berlebihan.
  4. Stress
    Stress juga dapat menjadi salah satu penyebab sakit pinggang sebelah kiri saat hamil muda. stress ini biasanya terakumulasi pada daerah tubuh yang lemah. Selain itu, karena adanya perubahan pada daerah panggul, maka stress mampu meningkatkan rasa sakit pada pinggang. Baca lagi artikel kesehatan pinggang lainnya: Faktor Penyebab Sakit Pinggang Belakang Pada Wanita Muda Berkepanjangan.

Cara Mengobati Sakit Pinggang Sebelah Kiri Saat Hamil

Sakit pinggang sebelah kiri dapat terjadi pada siapa saja. Apabila Anda mengalami sakit pinggang pada saat hamil muda terdapat beberapa langkah-langkah yang dapat Anda lakukan, diantaranya adalah:
  1. Mengatur postur tubuh yang baik dan benar
    Semakin bertambahnya usia kehamilan, maka pusat gravitasi akan semakin mengarah ke depan. Sehingga ibu hamil berusaha menegakkan tubuh untuk menghindari agar tidak jatuh ke depan. Hal ini dapat menjadi penyebab sakit pinggang sebelah kiri bagian belakang maupun depan. Untuk mengatasinya, ibu hamil perlu mengatur posisi tubuh yang baik seperti misalnya membusungkan dada, bahu tetap di belakang dan tubuh tetap rileks. Selain itu, kurangi porsi berdiri Anda untuk mengurangi rasa sakit pada pinggang.
  2. Menggunakan pakaian untuk ibu hamil
    Menggunakan pakaian yang khusus untuk ibu hamil mampu mendukung perut saat bekerja, sehingga tubuh tetap terasa nyaman dan mampu mengurangi rasa sakit pada pinggang karena tubuh terasa rileks.
  3. Hindari mengangkat benda berat
    Apabila hendak mengambil suatu barang, usahakan posisi tubuh Anda menjongkok, dan hindari membungkuk karena dapat memicu rasa sakit. Selain itu, Anda juga perlu menghindari mengangkat beban berat untuk mencegah sakit pada pinggang.
  4. Memijat pinggang dengan air panas
    Gunakan botol berisikan air panas untuk memijat pinggang hingga ke punggung guna mengurangi rasa sakit. Bisa juga dilakukan dengan cara mengompres punggung secara bergantian dengan air panas dan dingin. Hal ini dapat mengurangi rasa sakit pada pinggang ibu hamil.
  5. Melakukan olahraga ringan
    Melakukan latihan fisik secara teratur mampu membantu memperkuat punggung serta dapat mengobati rasa sakit pada pinggang saat hamil. Anda dapat mencoba melakukan olahraga renang, atau berjalan kaki di pagi hari. Hal ini tentu dilakukan atas intruksi dokter. Ibu hamil juga perlu melakukan latihan kekuatan serat stabilitas panggul dan juag perut bagian bawah, sehingga mampu mengurangi ketegangan akibat kehamilan. Hal ini dapat mengurangi rasa sakit yang terjadi pinggang ibu hamil.
  6. Perbanyak konsumsi air putiih
    Salah satu penyebab sakit pinggang sebelah kiri pada saat hamil yaitu karena cairan yang terdapat dalam tubuh tidak seimbang. Sehingga ibu hamil perlu mengonsumsi air putih secara teratur. Hal ini juga mampu mengatasi sakit yang terjadi pada pinggang ibu hamil.
  7. Tidur menyamping
    Pada saat hamil, lebih baik hindari posisi tidur secara terlentang. Tidur terlentang dapat mengurangi kenyamanan serta tidak baik untuk bayi Anda. Posisi tidur menyamping mampu mengurangi ketegangan yang terjadi pada daerah panggul sehingga dapat mengurangi rasa sakit yang terjadi pada pinggang. Anda juga dapat menggunakan bantal hamil sehingga posisi tidur Anda akan lebih nyaman dan mampu mengurangi tekanan yang terjadi pada pinggang selama tidur
Penyebab sakit pinggang sebelah kiri terjadi karena berbagai macam faktor. Untuk langkah pengobatannya, Anda perlu mengetahui faktor apa yang menyebabkan pinggang sebelah kiri Anda terasa sakit. Sehingga Anda akan mencapatkan pengobatan yang sesuai. Demikian artikel mengenai penyebab sakit pinggang sebelah kiri bagian depan maupun belakang saat hamil dan cara mengobatinya. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang hamil, atau mempunyai anggota keluarga yang sedang hamil yang mengalami masalah seperti ini.sekian saja dari www.sakitgi2.com , mudah-mudahan memberi manfaat.


Demikianlah Artikel Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Saat Hamil Muda Dan Cara Mengobatinya

Sekianlah artikel Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Saat Hamil Muda Dan Cara Mengobatinya kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Saat Hamil Muda Dan Cara Mengobatinya dengan alamat link https://trikkesehatanbiayamurah.blogspot.com/2017/03/penyebab-sakit-pinggang-sebelah-kiri.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Sakit Pinggang Sebelah Kiri Saat Hamil Muda Dan Cara Mengobatinya"

Posting Komentar