Nama Obat Keseleo Lutut, Kaki, Jempol Tangan, dan Pinggang di Apotek

Nama Obat Keseleo Lutut, Kaki, Jempol Tangan, dan Pinggang di Apotek - Hallo sahabat TRIK KESEHATAN BIAYA MURAH, Pada Artikel yang anda baca kali ini dengan judul Nama Obat Keseleo Lutut, Kaki, Jempol Tangan, dan Pinggang di Apotek, kami telah mempersiapkan artikel ini dengan baik untuk anda baca dan ambil informasi didalamnya. mudah-mudahan isi postingan Artikel GIGI, Artikel KANKER, Artikel NEWS, Artikel PENYAKIT DALAM, Artikel PENYAKIT KULIT, Artikel SYARAF, Artikel THT, Artikel TUMOR, Artikel UMUM, yang kami tulis ini dapat anda pahami. baiklah, selamat membaca.

Judul : Nama Obat Keseleo Lutut, Kaki, Jempol Tangan, dan Pinggang di Apotek
link : Nama Obat Keseleo Lutut, Kaki, Jempol Tangan, dan Pinggang di Apotek

Baca juga


Nama Obat Keseleo Lutut, Kaki, Jempol Tangan, dan Pinggang di Apotek

Obat keseleo di Apotek - Sendi dan otot merupakan satu kesatuan yang menjadi penyebab gerakan tubuh dapat bergerak secara halus dan lancar. Namun ada saatnya sendi dan otot mengalami masalah seperti salah posisi dan geser tempat sehingga sendi dan otot tertarik secara berlebihan yang menyebabkan terjadinya cidera. Otot yang tertarik secara berlebihan biasanya mengalami peregangan atau terjadi sedikit robekan sehingga menimbulkan gejala keseleo atau terkilir seperti bengkak, nyeri, dan memar di kulit bagian luar. Keseleo dalam dunia kedokteran disebut sebagai “sprain” yang bermakna terkoyaknya ligamen yang menyebabkan cidera pada jaringan ikat sebagai penghubung antar tulang. Masyarakat pada umumnya menganggap penanganan dan obat keseleo yang paling mudah dan mujarab adalah pijat dan urut. Namun apakah penanganan seperti itu tepat untuk dilakukan?

Nama Obat Keseleo Lutut, Kaki, Jempol Tangan, dan Pinggang di Apotek

Penangan keseleo dengan dipijat atau diurut boleh saja dilakukan, namun tidak begitu disarankan dalam dunia kedokteran. Pemijatan atau pengurutan yang boleh dilakukan yaitu pada bagian atas atau bawah tempat terjadinya keseleo, tidak langsung pada bagian yang mengalami keseleo. Penanganan yang dianjurkan dalam dunia kedokteran untuk mengurangi nyeri dan peradangan akibat keseleo yaitu dengan meminum obat anti radang dan obat anti nyeri, mengoleskan obat topikal (oles), dan memberikan pertolongan pertama keseleo. Asam mefenamat dan tramadol merupakan jenis obat keseleo yang dapat meredakan nyeri dan peradangan akibat keseleo. Obat yang dijual di apotek secara komersil ini dianjurkan untuk kasus keseleo ringan dan untuk kasus keseleo berat sebaiknya langsung di bawa pada ahli medis agar segera mendapat pertolongan pertama.


Nama Obat Keseleo Lutut, Kaki, Jempol Tangan, dan Pinggang di Apotek

Pengobatan keselo dengan metode RICE

Keseleo atau terkilir dapat terjadi karena adanya tarikan dan tekanan pada otot ataupun sendi secara berlebihan. Aktivitas yang dapat menyebabkan keseleo yaitu tidak adanya pemanasan sebelum olahraga, salah menerapkan tehnik dalam olahraga, jatuh pada posisi yang tidak tepat, tidur pada posisi yang salah, jarang melakukan peregangan otot dan lain sebagainya. Gejala yang timbul ketika Anda mengalami keseleo yaitu timbulnya memar atau bengkak, munculnya rasa nyeri, dan kesulitan bergerak pada area yang mengalami keseleo. Keseleo sering terjadi pada sendi-sendi yang ada pada lutut dan kaki, jempol tangan, dan pinggang. Apabila Anda mengalami keseleo, Anda bisa menerapkan pengobatan R I C E sebagai cara untuk meredakan peradangan dan nyeri akibat keseleo, yaitu:
  1. R – Rest (Istirahat)
    Istirahat atau rest bisa menjadi salah satu obat keseleo dengan meringankan nyeri dan menghambat pelebaran keseleo. Saat Anda mengalami keseleo atau terkilir usahakan untuk mengurangi aktivitas sehari-hari Anda. Jangan gunakan bagian tubuh Anda yang mengalami keseleo untuk menopang atau mengangkat beban berat terlebih dahulu. Jika keseleo atau terkilir terjadi pada kaki, usahakan untuk menggunkan crutch sebagai penopang untuk mengurangi beban tubuh Anda.
  2. I – Ice (Es)
    Kompres Es bisa digunakan untuk obat keseleo guna mengurangi memar yang terjadi akibat keseleo. Cara melakukan kompres ini cukup mudah, Anda hanya perlu menghancurkan beberapa es lalu meletakkannnya dalam kantong yang akan dibungkus handuk kecil. Lalu kompres dan tekan bagian yang keseleo maksimal selama 2 menit dan lakukan berulang kali. Hindari mengkompres lebih dari 20 menit karena jika lebih dari 20 menit dapat mengganggu peredaran darah pada area keseleo.
  3. C – Compression (Penekanan)
    Compression atau penekanan disini memiliki makna yang berbeda dengan kompres es. Penekanan ini berarti daerah yang keseleo dibalut dengan kompres elastik (perban) dengan tujuan meminimalkan peradangan, menyangga daerah keseleo agar keseleo tidak semakin menyebar, dan memberikan rasa nyaman. Penekanan dalam balutan yang dilakukan harus kencang namun tidak sampai membuat peredaran darah menjadi terhambat.
  4. E – Elevation (Peninggian)
    Peninggian ini diartikan sebagai daerah yang mengalami keseleo berada lebih tinggi dibandingkan jantung. Tujuan dilakukannya peninggian adalah agar pembengkakan akibat keseleo dapat berkurang dan tidak semakin menyebar. Upaya peninggian yang dapat dilakukan yaitu kaki digantung atau diganjal bantal agar posisinya bisa lebih tinggi dari jatung.
Dengan menerapkan metode P R I C E secara teratur, Anda yang sedang mengalami keseleo dapat sembuh dengan cepat. Agar metode P R I C E ini dapat diterapkan secara maksimal, Anda bisa menggunakan obat-obat anti inflamasi atau analgetik untuk mengurangi pembengkakan dan menahan rasa nyeri yang menyerang. Obat keseleo resep dokter biasanya digunakan dalam kelompok AINS yang dapat diberikan secara oral sebagai obat minum ataupun topikal sebagai obat oles. Di Apotek sudah banyak dijual obat keseleo dalam bentuk minum (oral) ataupun oles (topikal).

Nama obat keseleo lutut dan kaki di Apotek

Saat lutut dan mengalami cedera akan menimbulkan rasa sakit dan tidak nyaman seperti nyeri, memar, dan bengkak. Lutut dan kaki dapat mengalami cedera karena benturan secara langsung pada lutut dan kaki. Saat terjadi cedera pada lutut ataupun kaki seperti keseleo, Anda bisa melakukan beberapa hal di bawah ini.
  • Istirahatkan sendi-sendi yang ada pada lutut dan kaki sementara waktu agar keseleo yang terjadi tidak semakin nyeri dan melebar.
  • Kompres bagian lutut atau kaki yang cedera dengan menggunakan kompres es
  • Jangan mengoleskan balsam atau sesuatu yang panas pada persendian kaki yang sedang keseleo
  • Berbaring dengan posisi kaki keseleo berada diatas
  • Jangan lakukan pemijatan pada area keseleo
  • Konsumsi obat anti nyeri dan anti radang yang dijual umum di Apotek
  • Jenis obat anti nyeri dan obat anti radang yang digunakan untuk obat keseleo lutut dan kaki yaitu proris. Proris termasuk dalam nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID) yang digunakan sebagai pereda nyeri ringan seperti nyeri sendi, nyeri setelah operasi, dan nyeri haid. Sedangkan untuk obat topikal (oles) yang disarankan apabila terjadi keseleo lutut dan kaki yaitu Koltrafon gel dan Voltaren gel. Jenis obat ini sudah dijual secara komersil di Apotek.

Nama obat keseleo jempol tangan di Apotek

Keseleo pada jempol tangan merupakan cedera yang terjadi pada ujung jari karena menahan benturan yang berat. Keseleo pada jempol tangan lebih sering terjadi dalam olahraga seperti olahraga bola voli. Untuk mengobati keseleo pada jempol tangan Anda bisa memberikan obat keseleo engkel kaki yang termasuk dalam nonsteroidal anti-inflammatory drug (NSAID). NSAID merupakan obat anti inflamasi dengan sifat non-steroid yang dikonsumsi untuk mengurangi rasa nyeri dan sakit karena ibu jari (jempol tangan) keseleo. Salah satu jenis obat anti inflamasi yang paling banyak dikonsumsi untuk mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat terkilir adalah ibuprofen dan aspirin. Ibuprofen dan jenis NSAID lainnya hanya bersifat mengurangi peradangan bukan obat penyembuh keseleo secara menyeluruh. Cara penggunaan NSAID yang dianjurkan yaitu.
  • Dosis konsumsi ibuprofen dan obat anti inflamasi lainnya yang direkomendasikan kurang lebih 200 mg hingga 400 mg dengan durasi minum setiap empat hingga enam jam.
  • Jangan mengonsumsi ibuprofen dan obat anti inflamasi lainnya lebih dari 24 jam tanpa rekomendasi dari doketr.
  • Sebelum meminum ibuprofen, Anda dianjurkan untuk makan terlebih dahulu agar terhindar dari sakit perut.
  • Penggunaan bisa menggunakan gel atau salep yang mengandung NSAID untuk diusapkan pada area terkilir yang mengalami nyeri paling parah.
  • Untuk mendapat Ibuprofen, Anda bisa mengunjungi apotek yang ada di sekitar daerah Anda, karean ibuprofen merupakan obat generik yang dijual bebas di Apotek. Semua perlu anda gunkan dengan petunjuk dokte meskipun menggunkan salep keseleo untuk anak.

Hal-hal yang tidak dianjurkan saat keseleo pinggang

Keseleo pinggang merupakan rasa sakit dan nyeri yang terjadi pada area tulang rusuk hingga pada tulang atas kaki. Keseleo pinggang dapat dikategorikan sebagai sakit pinggang yang disebabkan karena meregangganya otot atau robeknya ligamen di area otot pinggang. Apabila Anda mengalami sakit pinggang, Berikut ini adalah pantangan untuk sakit pinggang yang harus anda hindari.

Tips pengobatan keseleo pinggang

Apabila Anda mengalami sakit pinggang ringan, Anda dapat menempelkan koyo ataupun mengoleskan krim pada area keseleo pinggang. Krim dan koyo yang direkomendasikan sebagai obat keseleo pinggang diantaranya salisilat, counterirritants, dan capcaisin. Penggunaan koyo dan krim ini sebaiknya juga dibarengi dengan meminum obat generic seperti ibuprofen, acetaminophen, dan aspirin yang berfungsi sebagai perda nyeri. Jenis koyo, krim, dan obat generik ini bisa Anda beli di Apotek secara umum. Selain penggunaan obat-obatan secara medis, Anda juga bisa menerapkan beberapa tips pengobatan keseleo pinggang ringan hingga berat agar cepat dalam mengobati keseleo. Tips-tips pengobatan keseleo pinggang diantaranya:
  1. Bergerak
    Bagi Anda yang sedang mengalami sakit pinggang akibat keseleo, Anda bisa banyak bergerak agar lebih cepat sembuh. Dengan melakukan jalan-jalan di sekitar rumah akan dapat mengurangi sakit pinggang. Mungkin pada awalnya akan terasa sakit namun lama kelamaan Anda akan terbiasa
  2. Olahraga
    Anda bisa memilih jenis olehraga yang Anda sukai sebagai pengobatan sakit pinggang. Yoga dan berenang yang dilakukan secara aktif dan teratur dapat mengurangi sakit pinggang karena keseleo.
  3. Ganti posisi tidur
    Posisi tidur yang salah dapat menjadi penyebab sakit pinggang. Dengan memposisikan tubuh Anda untuk mendapat posisi yang nyaman dapat mengurangi rasa sakit akibat keseleo pinggang. Posisi tidur yang dianjurkan bagi Anda yang mengalami keseleo pinggang yaitu tidur telentang dengan bantal yang telah diletakkan dibawah lutut sebagai penyanggan.
  4. Terapi
    Anda bisa melakukan terapi dengan dokter professional untuk mengobati bahkan menghilangkan sakit pinggang secara keseluruhan. Terapi yang direkomendasikan untuk mengatasi sakit pinggang yaitu fisioterapi, chiropractic, dan akupunktur.
  5. Operasi
    Operasi hanya dilakukan pada kasus sakit pinggang yang tergolong parah hingga beberapa pengobatan diatas sudah tidak mempan lagi diterapkan.

Pengguaan merk atau nama obat keseleo di apotik baik jenis obat oral (minum) ataupun topikal (oles) yang dijual secara umum dapat digunakan untuk pereda nyeri dan peradangan akibat keseleo secara keseluruhan. Karena jenis obat ini ditujukan bagi penderita keseleo ringan. Dan bagi penderita keseleo berat bisa langsung ke rumah sakit ataupun ahli medis untuk mendapatkan pertolongan pertama secara tepat. Sekian dulu dari www.sakitgi2.com .


Demikianlah Artikel Nama Obat Keseleo Lutut, Kaki, Jempol Tangan, dan Pinggang di Apotek

Sekianlah artikel Nama Obat Keseleo Lutut, Kaki, Jempol Tangan, dan Pinggang di Apotek kali ini, mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk anda semua. baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Nama Obat Keseleo Lutut, Kaki, Jempol Tangan, dan Pinggang di Apotek dengan alamat link https://trikkesehatanbiayamurah.blogspot.com/2017/03/nama-obat-keseleo-lutut-kaki-jempol.html

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nama Obat Keseleo Lutut, Kaki, Jempol Tangan, dan Pinggang di Apotek"

Posting Komentar